LAMPUNG BARAT (RO)---Warga dibuat geger karena adanya penemuan bayi dalam kardus yang berada dipemangku 6 Tegal Rejo Pekon (Pampangan) kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Selasa (9/7/2024)


Bayi yang ditemukan didalam kardus tersebut ditemukan dalam keadaan menangis dan badan ditutupi oleh kain bermotif batik.


Kapolsek Sekincau AKP Sahril Paison mewakili Kapolres Lampung Barat AKBP Ryky Widya Muharam, melalui Bhabinkamtibmas Pekon Pampangan Aipda Poniman, membenarkan terkait kejadian penemuan bayi dalam kardus itu.


“Terkait kejadian penemuan bayi dalam kardus itu benar adanya, semalam saya sedang piket di Polsek kemudian saya dihubungi oleh Kepala Dusun setempat dan menyampaikan bahwa ada warga yang menemukan bayi,”. Ucapnya


Dirinya menjelaskan, bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut ditemukan di dalam kardus yang berada di sebuah pos ronda di pemangku 6 Tegal Rejo.


“Penemuan itu sekira pukul 4.30 WIB dan bayi diperkirakan baru berumur 3 hari, bayi itu berjenis kelamin laki-laki,” jelasnya.


Setelah mendapatkan laporan, Aipda Poniman menerangkan, bahwa pihaknya langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP).


“Dan bayi tersebut langsung dievakuasi ke Puskesmas Sekincau untuk mendapatkan perawatan karena harapan kita bayi itu keadaannya sehat karena yang punya kewenangan untuk menangani kesehatan bayi tersebut ialah nakes, dan saat ini bayi tersebut ada di Puskesmas Sekincau,” terangnya.

 

Lebih lanjut, dirinya memaparkan kronologi singkat kejadian penemuan bayi dalam kardus itu berdasarkan keterangan dari saksi maupun masyarakat setempat.


“Kalau sementara keterangan sekitar jam 4 an ada suara motor dari arah Pekon Pampangan menuju kecamatan Pagar Dewa, dan motor tersebut memiliki suara yang cukup kuat,” paparnya.


“Kemudian berselang sekitar setengah jam dari suara motor itu terdengar suara bayi menangis dari pos ronda yang ada di pinggir jalan, kemudian saat didatangi warga terdapat bayi dalam kardus dengan badan ditutupi kain,” pungkasnya. (Ronal)